5 Tips Merawat Handphone Agar Tetap Awet dan Tidak Cepat Rusak

Di zaman sekarang ini, smartphone sudah seperti kebutuhan primer kita. Penggunaan HP Berlebih tentunya akan membuatnya semakin cepat rusak.

Kerusakan pada HP juga beragamm, seperti layar yang retak, baterai yang boros, hingga sering nge-hang dan masih banyak lainnya.

Maka dari itu, untuk mencegahnya tentunya sangat penting bagi kita untuk mengetahui cara merawat HP Android dengan baik agar tetap awet. Simak berikut!

1. Gunakan Charger Original

Menggunakan charger original adalah salah satu cara merawat baterai HP android agar tetap awet, yang dimana tentunya jika kita menggunakan charger yang palsu atau bukan charger dari originalnya dapat merusak baterai kita.

Biasanya hal ini terjadi karena adanya ketidakcocokan antara charger KW dengan baterai merk smartphone kamu.

Tak hanya itu, seringnya penggunaan powerbank dalam mengisi baterai juga disarankan untuk lebih dikurangi, yang dimana panas dari powerbank berpotensi dapat merusak smartphone kamu.

2. Hindari Bermain Games Saat Sedang Melakukan Charge

Tak hanya menggunakan charger original, melainkan bermain game saat HP sedang di-charge juga sangat berbahaya. Hal ini membuat baterai cenderung lebih mudah mengembung karena beban daya yang terlalu besar.

Tak hanya itu, perlu diketahui juga bahwa aplikasi games berpotensi menghabiskan RAM dan CPU lebih berat dibandignkan lainnya, maka dari itu beban HP akan bertambah berat jika kamu bermain game sambil di-charge.

Maka dari itu, sudah biasa bila smartphone cepat rusak bila kebiasaan buruk ini tidak dihentikan. Jadi, agar dapat merawat baterai HP kamu kurangilah kebiasaan main games sambil mengisi daya baterai.

3. Bersihkan Debu yang Menempel di Smartphone

Debu yang menumpuk dan menempel di smartphone berpotensi membuat perangkat HP menjadi lebih mudah panas dan hal ini harus rutin dibersihkan agar kinerja smartphone tidak melambat.

Usahakan untuk menggunakan lap microfiber atau lap kacamata, jangan menggunakan tisu karena, seratnya bisa tertinggal atau nyangkut di dalam smartphone kamu.

4. Hapus Aplikasi Tidak Penting Bila Performa HP Menurun

Terkadang, HP akan mengalami adanya slow response atau lambat dalam membuka aplikasi yang dimana hal ini disebabkan oleh beberapa aplikasi yang memakan CPU dan RAM cukup besar.

Hal menganggu ini dapat membuat kinerja HP lebih cepat menurun dan usahakan untuk menghapus beberapa aplikasi tidak penting yang terinstal.

Asal meng-install aplikasi yang hanya memenuhi ruang penyimpanan lebih baik tidak dilakukan dan hanya akan mengurangi performa HP kita.

Perlu diperhatikan juga kapasitas RAM dan ROM serta chipset yang digunakan apakah bisa menangkal banyak penggunaan aplikasi atau tidak, karena pasalnya RAM dan ROM yang kecil tidak dapat menunjang banyak aplikasi.

5. Membersihkan Cache

Tak hanya aplikasi yang berat, cache yang tertinggal di aplikasi yang membuat tiba-tiba tidak merespons  atau disebut dengan crash ini juga bisa mebuat HP kita nge-hang.

Kamu yang mengalami crash saat menggunakan sebuah aplikasi, cobalah untuk menghapus cache di handphone kamu.

Untuk membersihkannya kamu bisa membuka pengaturan lalu pilih opsi Application. Kemudian, masuk ke Manage Application dan tekan aplikasi yang dirasa bermasalah dan jangan khawatir karena cara ini tidak akan menghapus data suatu aplikasi.

Cara ini hanyalah menghapus file temporer yang menjadi sumber masalah dan bisa membuat HP kamu lebih awet lagi.

Nah, sekarang udah tahu kan caranya? Kita harus menerapkan 5 tips diatas agar HP kita lebih tetap awet dan tidak cepat rusak.

Pos dibuat 20

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas